Have an account?
Posted by Arma's Blog on Rabu, 24 Februari 2010 in

Bisnis merupakan suatu keahlian yang tidak mudah dimiliki oleh semua orang. Setiap orang pasti menginginkan untuk menjadi pengusaha yang besar, namun semua itu tidak akan mudah dicapai bila kita tidak memutar otak untuk mencari ide-ide yang “brilliant” di masa sekarang. Maka dari itu disini saya akan menceritakan tentang cara efektif berbisnis tanpa uang dan hanya bermodalkan dari barang bekas dari pengalaman yang saya alami waktu saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Saya memang seorang anak yang dilahirkan dari keluarga yang berkecukupan, tidak kaya juga tidak miskin namun saya tetap ingin berusaha mandiri agar di masa depan nanti saya terbiasa hidup tanpa merepotkan orang lain bahkan saudara saya.

Suatu hari di kamar saya terdapat banyak sekali kartu bekas-bekas voucher/isi ulang pulsa dari telepon selular yang mengeluarkan bermacam-macam edisi mulai dari musik, kebudayaan daerah, hingga piala dunia, dan kebetulan saya juga mempunyai koleksi gantungan kunci yang cukup banyak juga, suatu saat saya merasa bosan dengan gantungan kunci yang saya miliki karena hanya begitu begitu saja modelnya, kemudian saya memutar otak untuk mencoba mengapa saya tidak membuat gantungan kunci dari kartu voucher bekas tersebut. Kemudian saya mencoba untuk membuatnya, awalnya hanya saya gabungkan seadanya dan saya gantungkan di tas sekolah saya. Kemudian tidak disangka-sangka ternyata banyak teman-teman sekolah saya yang juga ingin mempunyai gantungan kunci semacam itu kemudian mereka bertanya dimana saya membeli, harganya berapa, dan saya hanya menjawab “Ini aku hanya buat sendiri kok…”. Mereka kemudian mulai memesan kepada saya, ada yang ingin tentang kebudayaan daerah, Piala Dunia, musik dan lain-lain. Setelah saya buat dan saya bawa ke sekolah keesokan harinya, ternyata mereka langsung membeli habis semua gantungan kunci yang saya bawa, bahkan ada beberapa teman memesan lagi untuk membawakan lagi pada keesokan harinya. Awalnya hanya saya jual dengan harga Rp 3000,-. Eh, ternyata justru laku keras. Namun saya berjualan tidak lama karena saya juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional. Dibalik dari cerita pengalaman saya tadi ternyata barang bekas juga bisa membawa keuntungan bagi kita yang bisa memanfaatkannya.

Itulah sedikit dari pengalaman yang bisa saya ceritakan di masa kecil saya dulu tentang bisnis kecil-kecilan dan anda bisa memetik mungkin sedikit dari pengalaman saya di atas.


Sekarang semua juga bergantung dari anda sendiri, anda ingin berbisnis tentang apa kedepannya dan saya sarankan lebih baik dipikirkan dari sekarang, karena cara berbisnis dari tahun ke tahun akan terus berkembang dan bahkan barang yang diperdagangkan juga semakin bermacam-macam.


0 Responses to “BERBISNIS DARI BARANG BEKAS”:

Posting Komentar