Have an account?
Posted by Arma's Blog on Rabu, 24 Februari 2010 in

Mempunyai bisnis atau usaha yang menghasilkan banyak uang merupakan dambaan setiap orang, namun orang-orang kebanyakan bingung memikirkan di bidang apa mereka akan menjalankan bisnis tersebut. Bahkan kebanyakan orang-orang akan berfikir bahwa berbisnis berarti menjual sesuatu barang kepada orang lain, namun sebenarnya kita bisa berbisnis tanpa menjual sesuatu barang tapi kita menjual jasa atau pelayanan atau servis kepada orang yang membutuhkan.

Seperti contohnya di jaman sekarang adalah bisnis di bidang laundry, cuci motor, potong rambut, rental mobil, rental motor, rental Play Station dan masih banyak lagi contoh bisnis di bidang jasa. Dan yang akan saya bahas kali ini adalah berbisnis di bidang laundry.

Dan cerita bisnis di bidang laundry ini saya ambil dari pengalaman saya sendiri yang sampai saat ini saya masih menggeluti bisnis di bidang cuci-mencuci pakaian.

Di jaman yang sudah modern seperti saat ini, kebutuhan sehari-hari sudah bisa diatasi dengan teknologi. Bahkan di bidang mencuci pakaian, yang dulunya jika kita mencuci baju secara manual atau yang sering disebut “mengucek” sekarang sudah tidak lagi menjadi jamannya. Ini membuat setiap orang tidak perlu susah-susah untuk mencuci sendiri namun cukup dimasukkan ke jasa laundry kemudian mereka tinggal mengambilnya jika sudah jadi. PRAKTIS KAN… !!!.

Karena jika kita tahu bahwa mencuci pakaian adalah hal yang sebenarnya paling dasar dan paling sering kita lakukan di kehidupan sehari-hari. Dari peluang ini dapat kita manfaatkan untuk berbisnis. Awalnya saya mencoba untuk menggunakan jasa ini untuk mencuci pakaian saya yang tertentu saja, dalam artian yang memang kotor sekali. Dan ternyata bisnis ini sungguh menjanjikan menurut saya. Saya mulai berpandangan apa yang harus saya persiapkan sebelum saya memulai usaha ini. Kemudian saya melakukan eksplorasi dengan melihat apa saja yang dibutuhkan dalam usaha ini. Lalu saya mulai menyusun daftar, mulai dari mesin cuci, pengering, detergen, pewangi, setrika, plastic pakaian, tas plastic, dan masih banyak lagi. Dan yang paling penting adalah servis kita kepada para pelanggan. Bisnis ini saya mulai dengan mencari kontrakan/ruko yang bisa saya tinggali sekaligus sebagai ruang usaha. Saya mencari di kota Jogja dan saya menemukan tempat tersebut cukup strategis karena berada di dekat universitas yang notabene banyak sekali kaum muda yang menggunakan jasa layanan ini. Karena laundry ini ditujukan kepada kaum muda yang memang di jaman ini mereka lebih menyukai sesuatu yang instan.

Setelah itu saya mulai mencari mesin cuci dan alat pengering, agar lebih cepat dikeringkan bila tidak ada panas matahari. Karena memang kita juga masih memerlukan proses yang “jadul” yaitu menjemur. Setelah itu kita juga harus memasang jaringan listrik terlebih dahulu.

Dan kita baru mulai memasarkan bisnis kita ini bisa melalui Internet, selebaran, mulut ke mulut dan lain-lain. Karena bisnis ini juga mengandung resiko seperti bila ada pakaian yang luntur dan mengenai pakaian yang lain, mungkin pakaian yang hilang atau terselip di pelanggan yang lain. Itu juga harus kita pikirkan matang-matang. Dan berusaha untuk mencari solusi yang baiknya seperti gimana. Juga harga yang kita tawarkan di pasaran itu berapa juga harus kita pikirkan. Karena yang terpenting dalam jasa ini adalah bersih, wangi, dan pelayanan yang memuaskan.


Itulah sedikit dari cerita pengalaman saya yang saat ini masih saya geluti hingga sekarang. Ini bisa menjadi suatu acuan bagi anda yang ingin melakukan bisnis di bidang lain.

Karena suatu hari anda pasti akan membutuhkan yang namanya bisnis untuk membantu kehidupan ekonomi anda. Dan saya berharap bagi pembaca dapat memetik pelajaran atau bahkan cara berbisnis dari yang saya ungkapkan dalam pengalaman pribadi di atas.

0 Responses to “BISNIS BERMODALKAN KEAHLIAN dari KEHIDUPAN SEHARI-HARI”:

Posting Komentar